Dunia Ketunarunguan

Dunia Ketunarunguan

Jumat, 08 November 2013

yukk menjelajahi dunia..


PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK TUNA RUNGU

 1.Perkembangan Pendidikan Anak Tuna Rungu di Luar Negeri
a.  Spanyol
Seseorang yang mempelopori pendidikan anak tuna rungu dengan mendidik anak tuna rungu keturunan bangsawan adalah Pedro Ponce de Leon.
b.  Perancis
Seorang Paderi bernama Abbe de L Epee(1712-1789)mendirikan sekolah anak tuna rungu pertama di Paris tahun 1760
. Berawal dari mengajar dua orang anak tuna runggu kembar lalu ditambah dua anak lagi kemudian dari seluruh lapisan masyarakat. Pada tahun 1791 pembiayaan yang awalnya dengan biaya sendiri lalu diambil alih oleh pemerintah.


c.       Jerman
Samuel Heincke(1727-1790) adalah pendiri sekolah pertama anak tuna rungu di dekat Hanburg pada tahun 1760 dan tahun 1778 di Leipzig. Kedua sekolah ini dibiayai oleh pemerintah.
d.      Belanda
Sekolah anak tuna rungu didirikan pertama kali oleh Johann Conrad Amman tahun 1692. Kemudian disusul oleh Henry Daniel Guyot tahun 1790 di Groningen,Martinus Beek tahun 1840 di St.Michiel’s Gestel.
e.       Inggris
Sekolah anak tuna rungu didirikan pertama kali oleh Thomas Braidbood tahun 1760.
f.       Denmark
Sekolah anak tuna rungu didirikan pertama kali pada tahun 1817 di Kopenhagen dengan nama The Royal Institut For The Deaf-Mute. Sekolah yang kedua didirikan tahun 1881 di Vederica lalu disusul pada tahun 1881 di Nyburg. Ketiga nya tidak jelas siapa yang mendirikan.
g.       Amerika serikat
Sekolah anak tuna rungu didirikan pertama kali oleh Thoma Hopskin Gallaudet tahun 1817 di Hartfort,Connecticut. Pada tahun 1864 muncul National Deaf-Mute College yang lalu berubah menjadi Gallaudet Collet.
h.      Unisoviet
Orang baru mengetahui kemajuan sekolah bagi anak tuna rungu di soviet pada tahun 1931,terutama pada tingakt pendidikan dasar dan lanjutan. Pada tahun 1957-1958 tercatat ada 21 buah sekolah bagi anak tuna rungu dan 34 buah sekolah bagi anka kurang pendengaran.
i.        Hongkong
Sekolah tuna rungu pertama kali didirikan oleh Nona Li Luk Wah tahun 1935 dengan nama The Hongkong Boarding School. Disusul Chen Cheuk Cheung tahun 1948 dengan nama Chineese Overseas Dayschool for the Deaf tahun 1948
j.        Malaysia
Sekolah anak tuna rungu pertama kali didirikan oleh 1954 yang diurus Pemerintah Penang dan Federal.
k.      Singapore
Sekolah anak tuna rungu pertama diselenggarakan oleh Singapore Association for the Deaf and Dumb tahun 1935
l.        Australia
Australia baru muncul pendidikan anak tuna rungu pada tahun 1950 di Negara Bagian Victoria yakni Glendonald School for the Deaf Children and Victorian School for th Deaf Children dan Bendigo School for the Deaf Children tahun 1953.
2.      Perkembangan Pendidikan Anak Tuna Rungu di Indonesia
Sekolah anak tuna rungu pertama kali didirikan pertama kali oleh Ny.Roelfsma Wesselink (istri dokter THT)yang kemudian dikelola oleh Perkumpulan Penyelenggara Pengajaran bagi anak Tuli Bisu di Indonesia kemudian disusul oleh Broeder-Broeder Charitas pada tahun 1938 di Wonosobo yang mempunyai hubungan di negeri Belanda, Yakni St.Micliect’s Gestel
Setelah tahun tujuh puluhan perkembangan sekolah anak luar biasa khususnya anka tuna rungu semakin banyak meskipun beum merata. Umumnya diselenggaraan oleh pihak Yayasan Pendidikan Swasta. Sejak Pelita III dan awal Pelita IV Pemerintah mendirikan Sekolah Dasar Luar Biasa(SDLB) sebanyak 200 buah.Dengan diperkenalkan alat bantu dengar dan alat elektronik lainnya yang didisain khusus untuk anak tuna rungu di Indonesia. Diberlakukan undang-undang perlindungan bagi mereka yang mengalami kelainan, diselenggarakan sekolah integrasi serta dikembangkan komunikasi total merupakan suatu tanda besarnnya perhatian pemerintah. Meskipun masih banyak kekurangan yan perlu diperbaiki.
Somad Permanarian & Hernawati Tati (1996). Ortopedagogik Anak Tunarungu, Bandung: Dirjen Dikti, Depdikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar